Jelajahi Blog

Loading...

KARYA TULIS TENTANG LIMBAH OLEH HANIF AHMADI

Artikel KARYA TULIS TENTANG LIMBAH OLEH HANIF AHMADI Diposkan Hanif Ahmadi Pada 7/28/11


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Air limbah kurang diperhatikan oleh komponen-komponen sekolah SMP N 2 Wiradesa, pengelelolaan air limbah dinilai masih kurang mendapat perhatian. Itu terlihat dari tidak mengalirnya air limbah, karena selokan tersumbat. Hal ini mengakibatkan KBM di sekolah ini terganggu, khususnya bagi kelas IX F karena kelas ini sangat dekat dengan WC. Sehingga di kelas ini kadang-kadang saat KBM tercium bau yang tidak sedap. Kami mohon kepada komponen-komponen sekolah ini untuk lebih memberikan perhatiannya, lebih-lebih dapat memperbaiki selokan agar air selokan mengalir.
Di Indonesia air limbah juga dinilai kurang mendapat perhatian. Hal ini terbukti dari tidak berfungsinya instalasi pengolahan limbah terpadu di banyak kota di Indonesia. Sistem itu di terapkan di banjarmasin, jakarta, bandung, balik papan, surakarta, medan, tanggerang, yogyakarta, dan cirebon.
Instalasi pengolahan air limbah di Indonesia secara umum baru melayani 1, 36 persen jumlah penduduk. Akibatnya, 5, 6 Juta ton limbah yang belum diolah setiap harinya masuk ke lingkungan. Kurangnya perhatian pada pengelolaan air limbah itu juga terlihat dari kepemilikan jamban. “layanan masih sangat terbatas kuran dari 2 persen” kata direktur pengembangan penyehatan lingkungan pemukiman departemen pekerjaan umum, susmono.

B.     Rumusan Masalah
1. Apakah pengertian limbah ?
2. Apakah bahaya dari limbah rumah tangga ?
3. Bagaimana cara menanggulangi limbah rumah tangga ?

C.     Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian limbah
2. Untuk mengetahui bahaya dari limbah rumah tanga
3. untuk nmengetahui cara menanggulangi limbah rumah tangga

D.    Metode Pengumpulan Data
Dalam pembuatan makalah ini, penulis membaca dan mencari sumber-sumber dari kepustakaan mengenai hal-hal yang ada referensinya dengan judul tulisan
BAB II
ISI

A.    Pengertian Limbah
Limbah adalah sisa suatu usaha atau kegiatan. Limbah yang mengandung bahan berbahaya atau beracun karena sifat atau konsentrasi dan jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan atau merusak lingkungan.
Ada 2 jenis limbah yaitu :
1.      limbah domestik
yaitu limbah-limbah dari beberapa Perusahaan-perusahaan yang berdiri di dekat sungai, buangan sampah di bibir sungai biasanya berupa sampah plastik dan di pompa air banyak terdapat busa dan kompoosisi makroinvertebrata didasar sungai.
2.      limbah rumah tangga
yaitu limbah yang telah memunculkan masalah lingkungan yang cukupmenghawatirkan akibat pembuangan limbah sembarangan, contohnya limbah industri, bahkan kini limbah yang berasal dari rumah tangga, khususnya di kota-kota besar di jawa barat sudah mencapai 80%.
                       
Kesimpulan dari pengertian limbah adalah sisa suatu usaha atau kegiatan dan bisa bersifat berbahaya atau bahkan justru menguntungkan.

B.     Bahaya Limbah Rumah Tangga
Salah satu contoh limbah rumah tangga adalah sampah. Kita mengenal 2 jenis sampah yaitu sampah organik dan sammpah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang terdiri dari bahan-bahan penyusun tumbuhan dan hewan dan bisa juga yang dihasilkan dari kegiatan pertanian, dan perikanan. Sampah jenis ini dapat terurai atau membusuk secara alamiah. Sampah rumah tangga sebagian besar sampah organik. Sampah potongan sayur dan bahan-bahan masakan atau daun-daun yang berjatuhan dikebun adalah contoh sampah organik.
Adapun sampah anorganik bersifat tidak dapat terurai atau membusuk secara alamiah. Meskipun bisa terurai, akan memerlukan waktu yang sangat lama. Plastik, kaleng, baterai, potongan logam, dan kertas merupakan contoh-contoh sampah anorganik.


Tumpukan sampah dapat mengundang lalat penular penyakit diare, difteri, dan tifoid. Tumpukan sampah juga meningkatkan populasi tikus. Kehadiran binatang pengerat ini perlu diwaspadai karena bisa menularkn penyakit leptospirosis. Tikus yang terinfeksi bakteri leptospira dapat menularkan penyakit itu kepada manusia melalui air yang tercemar bakteri tersebut. Penularan leptospirosis dapat terjadi urin tikus masuk kedalam tubuh manusia, antara lain melalui permukaan kulit yang terluka, selaput lendir mata, dan hidung (misalnya saat mencuci muka).
Limbah juga dapat mengganggu kesehatan manusia dan kelangsungan hidup makhluk lainnya bahaya limbah yang berefek pada kesehatan tergantung pada kandungannya kimianya.

C.     Cara Penaggulangan limbah
Limbah-limbah rumah tangga atau yang lebih populer dgn sebutan sampah-sampah tidak bisa kita hindari karena setiap barang yang kita gunakan sehari-hari pasti menghasilkan sampah.
Cara menanggulanginya menggunakan metode 4R :
  1. Reduce (Pengurangan)
Reduce adalah pengurangan sampah. Berikut kiat-kiat mengurangi sampah yang bisa dilakukan :
a.       Gunakan serbet atau saputangan untuk membungkus kado. Ikat dengan pita supaya cantik kembali, berbeda dengan kertas kado yang hanya sekali pakai dan biasanya langsung di buang.
b.      Jika hanya membeli makanan ringan atau susu kotak, biasakan menolak kantong plastik pembungkusnya. Masukkan kedalam saku atau tenteng begitu saja untuk mengurangi sampah plastik.
2.      Reuse ( Penggunaan Kembali )
Reuse adalah penggunaan kembali. Berikut kiat-kiat yang bisa dilakukan : ika belanja ke pasar atau supermarket, usahakan membawa kantong market bisa digunakan untuk berbelanja puluhan kali. Jika dalam sehari ada satu kantong plastik yang bisa dihemat lebih dari 500 kantong plastik dapat dihemat selama 1 tahun.
3.      Recycle ( daur Ulang )
Recycle adalah mendaur ulang. Ada dua hal yang dapat dilakukan dalam daur ulang, yaitu : mendaur ulang sendiri atau memilih sampah berdasarkan jenisnya, kemudian dijual atau diberikan kepada pemulung untuk di daur ulang. Sampah anorganik ada yang dapat dimanfaatkan karena masih dapat di daur ulang, seperti kertas, plastik, kaca atau gelas; serta sampah anorganik yang tidak dapat dimanfaatkan, seperti potongan logam, lampu bolam dan baterai.
4.      Recovery ( Pemanfaatan Kembali )
Recovery adalah upaya pemanfaatan sampah dengan jalan proses untuk memperoleh kembali materi atau energi yang terkandung didalamnya. Sampah rumah tangga dapat dimanfaatkan kembali dengan cara pengomposan (pembuatan pupuk kompos).





























BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
Limbah dapat mengancam kerusakan ekosistem yang ada di bumi. Limbah juga dapat menyebabkan penyakit.

B.     Saran
Diharapkan kepada masyarakat agar sadar menjaga lingkungannya agar terhindar dari limbah, dan juga diharapkan pemerintah dapat memperbaiki dan mengembangkan  instalasi pengolahan limbah terpadu di berbagai daerah.












Blog, Updated at: 8:49 AM

2 comments:

Logo

Logo
Copyright © 2014, Hanif Ahmadi

Ikuti Blog ini